Bakti Nusa Angkatan III

BAKTI NUSA (Beasiswa Aktivis Nusantara) III UNS terdiri dari sepuluh orang yang aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan. Kami adalah sekumpulan pemuda yang dihimpun bersama pemuda-pemuda lain di Indonesia untuk berkhidmat menjadi mahasiswa yang terus belajar dan mencoba berbagi agar memberi manfaat kepada sekitarnya.

Dwi Prasetyo

DwiSi Depe” panggilan akrab pemuda kelahiran Kabupaten Semarang, 22 Mei 1992. Persentuhan dengan berbagai kalangan dari Pondok Pesantren Mahasiswa Ar Royan, SKI FKIP UNS, BIAS UNS, LSP FKIP UNS hingga kini beramanah sebagai Ketua Umum UKM Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) UNS menjadi goresan yang tak akan pernah lekang oleh waktu.

Sebuah hentakan keras “Akan dikenang sebagai apa ketika nanti kamu meninggal?” menjadi tamparan keras untuk terus berkarya dan berkontribusi pada masyarakat. Ya, karena tuntutan profesi pun akhirnya beberapa prestasi akademik dan non akademik diraih oleh pemiliki tinggi badan 162 cm tersebut. Dari mulai juara 1 PKM Battle FILM SIM UNS 2011, finalis LKdTIN LSP FKIP UNS, finalis UIN Sunan Kalijaga, juara lomba esai SHIFT UKMI UNS, MTQ UNS, Hibah PKM DIKTI, Hibah PKM DIPA, Hibah LPPM UNS, Hibah Bina Desa DIKTI dan mengikuti pelatihan Indonesia Leadership Camp UI, Youth Educator Training. Aktivitasnya hari ini lebih berfokus pada pengembangan nilai nilai dasar ke-SIM-an dengan sharing experience. Menjadi socioedupreneur adalah impian laskar Bakti Nusa ini.

Elifas Omega Yusufadisyukur

YogaAktivis mahasiswa FP UNS kelahiran Surakarta, 10 Maret 1992  ini selain kuliah terlibat aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan program-program pemberdayaan masyarakat. Pengalaman yang dimilikinya yaitu menjadi bagian dari Inkubator Bisnis PSP-KUMKM LPPM UNS, Perhimpunan Petani Organik Karanganyar (PERNIK) dan Departemen Organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Solo. Selain itu, pemuda ini juga aktif di Local Committee Director IAAS Indonesia LC-UNS dan kini menjabat sebagai National Director IAAS Indonesia sekaligus Control Council Local Committee IAAS Indonesia LC-UNS.

Beragam kongres pernah diikuti Yoga, sapaan akrabnya, diantaranya National Congress IAAS Indonesia XVI di UNS, National Congress IAAS Indonesia XVII di Unpad, National Congress IAAS Indonesia XVIII di UGM dan MIST UI 2013. Menjadi Chief Executive Officer (CEO) perusahaan berskala internasional adalah visi yang akan diraih pemuda ramah ini.

Erma Malindha

ErmaRajin, ulet dan cerdas kata  yang menggambarkan gadis kelahiran Klaten, 26 Agustus 1992. Motto hidup laskar Bakti Nusa ini “selalu semangat, semangat, semangat seimbang kehidupan dunia dan akhirat; Q.S Al-Baqoroh : 286,Q.S Al-Anfal : 27”. Aktivis mahasiswa FK UNS ini aktif di Kastrat de Geneeskunde FK UNS, SKI FK UNS, KESUMA, Mer-C Cabang Surakarta dan BSMI Cabang Surakarta. “Modal dalam berorganisasi adalah senang, bermanfaat, dan amanah,” tuturnya.

Keuletannya di bidang keilmiahan membawanya menorehkan beragam prestasi, diantarnya finalis lomba Hasanuddin Scientific Fair (HSF) UNHAS, finalis AIMSC Cairo, Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Scientific Atmosphere 6 UNUD, proposal penelitian didanai DIKTI dan DIPA tahun 2013, KTGT MEDSMOTION UNS, PMC PIM FAK, KTGT PIM FAK, LKTI Nasional Amastigot UNAIR, PMC PIM FAK, Poster Populer IMSF (Islamic Medical Science Fair) FULDFK se-Indonesia, Juara II LKTI-Al Qur’an IMSF FULDFK se-Indonesia, KTGT TEMILNAS BAPIN–ISMKI, PMC TEMILNAS BAPIN-ISMK, Juara III Lomba Essay Ilmiah TEMILNAS BAPIN-ISMKI, KTGT dan Poster Populer SMSO (Sriwijaya Medical Science Olympiade) UNSRI.  Menjadi dosen FK UNS dan dokter di RSUP Suradji Tirtonegoro Klaten adalah impian gadis yang sedang menggeluti stem cell.

Febrian Indra Rukmana

IndraIndra, itulah sapaan akrab pemuda kelahiran Surakarta, 17 Februari 1991. Pemuda asal Klaten ini sedang menjalani pendidikan sebagai mahasiswa di jurusan Sosiologi FISIP UNS. Berbicara Organisasi, aktivis ini aktif organisasi sejak menjajaki pendidikan di SMA N 1 Wonosari, Klaten. Kecintaannya terhadap organisasi dilanjutkannya di bangku kuliah. LKI FISIP UNS, JN UKMI UNS, BK FSLDK Nasional, Biro AAI FISIP UNS, JAMAIKA INDONESIA, KAMMI Komisariat Sholahuddin Al Ayyubi UNS, KIDS KAMMI DAERAH Solo adalah organisasi yang pernah digelutinya. Dedikasinya di organisasi, mengantarkannya menjadi Asisten AAI Terbaik Se-UNS tahun 2012. “Menjadi orang yang dapat menggoreskan sedikit catatan dalam sejarah kebangkitan bangsa,” itulah visi yang dituturkan.

Putra pamungkas

PutraMahasiswa Ekonomi Pembangunan FE UNS ini lahir di Bantul, 15 Agustus 1992. Laskar Bakti Nusa UNS ini aktif di berbagai organisasi baik skala universitas, nasional maupun Internasional. Keberjalanan karir organisasinya mencapai puncak saat terpilih menjadi Presiden Kajian Ekonomi Islam UNS periode 2013. Ukhuwah, Dakwah, dan Ilmiah yang menjadi landasan organisasinya dan membuatnya berkecimpung di dunia keilmiahan dan pendidikan. Terbukti dengan kecintaan pada kedua bidang tersebut Putra mendapat berbagai penghargaan nasional dan internasional antara lain 1st Winner Call for Essay National Economics Seminar UNPAD, Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Kreatif UNUD, Juara 1 Karya Tulis Ilmiah UMKM UNSOED, Juara 2 Karya Tulis Ilmiah Moneter UNSOED, Juara 3 Karya Tulis Ilmiah Pariwisata UNS, Kontributor Sharia Economics Conference Hannover Jerman dan finalis di beberapa ajang nasional lainnya. Mimpi pemuda campuran darah Kalimantan dan Jawa ini yaitu menjadi ekonom kelas dunia yang pro rakyat untuk Indonesia Berdaya dan sadar potensi serta menjadi garda terdepan untuk menggerus gelombang globalisasi ekonomi tidak pro-rakyat dengan Ekonomi Robbani.

Roffiul Umamil Marzukoh

RofiulKalem” kesan yang terlintas laskar Bakti Nusa kelahiran Kab. Semarang, 2 Desember 1990. Delegasi Indonesia dalam program pertukaran pelajar MIT (Malaysia, Indonesia, Thailand) di Universitas Putra Malaysia ini selama kuliah tercatat aktif diberbagai organisasi kampus antara lain BEM FP UNS, Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI) FP UNS, Kelompok Studi Ilmiah (KSI), anggota KAMMI Komisariat Sholahuddin Al Ayyubi UNS. Kini amanah yang dipercayakan sebagai sekretaris Departemen Pengelolaan Peserta Asistensi dan Kaderisasi BIRO AAI FP UNS dan sekretaris Departemen Pembinaan Intelektual Muslim Community (IMC).

Aktivis mahasiswa tingkat akhir ini menjalankan roda pendidikannya di jurusan  Agroteknologi FP UNS. Lakukan yang terbaik dan selalu bermanfaat menjadi motto hidup yang selalu digenggam. Dosen FP sekaligus scientist adalah impian mahasiswi yang sedang menyelesaikan skripsinya ini.

Satria Adi Putra

AdiLaskar Bakti Nusa asal Magelang ini sedang menjalani pendidikannya di jurusan Pendidikan Dokter FK UNS. Tulisan ilmiah dan penelitian merupakan dua kerjaan yang selalu menyita waktu Mawapres FK 2013 ini. “Energi itu digunakan atau disia-siakan dah pasti adanya, eman-eman jika tidak terpakai,” alasannya terus berkarya. Prestasi yang berhasil ditorehkannya Juara 2 Essay Diet PIM FKUNS, Juara 3 Proposal Penelitian PMC Diet FK UNS, Juara 3 Poster Ilmiah Medsmotion Nasional, Juara 1 GT Geriatri PIM FK UNS), Juara 1 Mawapres FK UNS, Juara 3 Mawapres UNS, Juara 2 Research Paper SA UNUD Nasional.

Calon dokter ini tercatat aktif sebagai sekretaris Yayasan Kesuma Islam Kedokteran, Pengurus Jurnal Mahasiswa Kedokteran Indonesia BAPIN ISMKI, Pengurus Pengmas BSMI, Kadiv Ilmiah Lembaga Penelitian Kastrat de Geneeskunde, Relawan Kesehatan Hilal Ahmar dan Koordinator Akademik Asisten Laboratorium Farmakologi FK UNS.

Siswandi

Tenang dan berkarakter itulah dua kata yang bisa mengambarkan diri pemuda ini. Pemuda kelahiran Pemalang, 19 Juli 1992 ini sedang menjalani masa pendidikannya di FP UNS jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan. Alumni SMAN 1 Pemalang tercatat aktif di BEM UNS sebagai kadiv. Advokasi dan Ikatan BEM Pertanian Indonesia (IBEMPI) sebagai Presidium Nasional V.

Tak mau ketinggalan, laskar Bakti Nusa ini juga berhasil meraih berbagai penghargaan antara lain juara 3 pencak silat tingkat daerah, finalis lomba debat se-Surakarta serta penerima beasiswa prov. Jateng, gudang garam dan data print. Baru saja pemuda yang memiliki hoby futsal ini mewakili UNS dalam acara KIZUNA PROJECT di Jepang. Bupati Pemalang adalah visi yang akan diraih si sulung dari tiga bersaudara.

Titis Sekti Wijayanti

TitisAktivis kelahiran Klaten, 27 November 1992 ini sangat terbuka untuk belajar dan berbagi dengan banyak orang. Aktivitas outdoor (cycling and hiking), aktivitas sosial, membaca dan menulis mewarnai kehidupannya. Tidak malu dan berhenti menjadi berbeda menjadi prinsip hidup andalannya. Mahasiswi Psikologi FK UNS ini kini beramanah sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) SYMPHONY. Kamu perlu tahu bahwa ada tiga organisasi yang menjadikan gadis ini tangguh : Pramuka, Pencinta Alam URaL 28 (Udara Rimba Laut atau Union Rangers and Long Climbers) dan BEM UNS. Pendewasaan diri pun didapatkannya melalui beberapa kesempatan yang pernah ia lakukan sejak dibangku Sekolah Menengah Pertama hingga sekarang diantaranya Peserta Jambore Daerah, Raimuna Daerah, JOTA-JOTI, Minat Saka, Petulangan ke pelosok Jawa Barat “Negeri di atas awan” lewat pendakian ke ketinggian 3000-an mdpl, belajar kepemimpinan di Lampung, Bogor, Jakarta, Semarang. Menjadi psikolog pendidikan berbasis nilai-nilai Islam adalah impian gadis manis ini. 

Wahyu Ardianti Woro Seto

WoroSalam jempol dulu yuukk,” ajak gadis manis ini. Woro, begitu sapaan akrab aktivis kelahiran Surakarta 23 Agustus 1992. Selain kuliah, laskar Bakti Nusa ini aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan pengabdian masyarakat. Alumni MAN 1 Surakarta ini tercatat aktif sebagai Presiden BEM FSSR UNS. Selain itu, juga pernah aktif di HMJ sastra arab UNS, Bendahara Umum Keputrian Khusnul Hanifah Darussalam, Sekertaris Umum Irisma Darussalam, Ketua Karang Taruna dan Anggota HMI. Aktivitas organisasi yang membludak tidak menghentikan semangatnya untuk bergelut dengan dunia anak-anak.

Beragam prestasi pun diukir oleh mahasiswi sastra Arab FSSR UNS ini, mulai juara 3 lomba karya Ilmiah Al-Quran UNS, Juara 3 Lomba tafsir Al-Qur’an dalam bahasa Inggris serta lolos PKM pengabdian dari DIKTI. Menjadi pengamat politik Timur Tengah adalah visi si bungsu. Tak hanya itu, semangat mengabdi membawanya berkeinginan memiliki yayasan sosial dan pengusaha.

Salam Perjuangan

Solo Spirit of Indonesia, UNS Spirit of Java!

Hidup Mahasiswa

(Bakti Nusa UNS Angkatan III)