IMGP0822 IMGP0821IMGP0838

Pagi tadi semangat para aktivis kampus memenuhi Ruang Sidang 3 Fakultas Kedokteran UNS. Sebuah forum kepemudaan kampus yang diinisiasi oleh para penerima manfaat Bakti Nusa 5 akhirnya resmi di buka pada hari ini, Minggu, 27 September 2015. Setelah melalui beberapa tahap pendaftaran, sekitar 50 mahasiswa UNS bergabung dalam forum tersebut.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dibuka oleh Nanda Eka, selaku pembawa acara. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai sejarah dibentuknya Forum Anak Neger (FAN) dan penjelasan tentang FAN disampaikan oleh Zulfikar, selaku koordinator Bakti Nusa 5 UNS. Forum Anak Negeri (FAN) adalah sebuah forum yang berdiri atas dasar kepedulian mahasiswa untuk senantiasa bergerak memberikan manfaat dan melipatgandakan kebermanfaatan itu untuk masyarakat yang lebih luas. Kegiatan FAN meliputi kegiatan training, mentoring, pengembangan diri dan pelaksanaan proyek/gerakan  sosial.  Adanya kegiatan mentoring dari setiap penerima manfaat Bakti Nusa kepada setiap mahasiswa yang bergabung bertujuan untuk mengoptimalkan pengembangan diri secara personal serta transfer nilai kepada setiap individu. Sedangkan adanya kelas-kelas training bertujuan untuk meningkatkan berbagai kemampuan dan motivasi dari peserta. Motivasi untuk mengikuti berbagai aktivitas sosial dan penjelasan mengenai gerakan sosial Bakti Nusa dijelaskan oleh Hasan. Salah satu poin penting yang disampaikan adalah forum ini harapannya bisa sebagai wadah kita semua untuk ‘memberikan’ lebih banyak kebermanfaatan bukan wadah kita mencari/ menginginkan sesuatu, sebab dengan keikhlasan memberi kita akan mendapatkan banyak hal yang lebih bermakna.

Sebelum acara berakhir, setiap peserta diperkenalkan dengan para penerima manfaat Bakti Nusa yang menjadi pendamping setiap kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan sharing session setiap kelompok.