Dua tahun sudah  penerima Beasiswa Aktivis Nusantara (Bakti Nusa) Angkatan 4 diberikan berbagai bentuk pembinaan dan kegiatan yang mendorong para aktivis untuk terus berkarya dan berkontribusi. Pada penghujung program Bakti Nusa Angkatan 4 ini dilaksanakan proses wisuda. Wisuda Bakti Nusa Angkatan 4 kali ini mengusung tema “Never Ending Activist”. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 5-6 Maret 2016 di Bumi Pengembangan Insani Bogor ini bukan sekedar kegiatan penutup program, akan tetapi justru  ajang penguatan yang memegang peranan penting untuk mempersiapkan aktivis di dunia paska kampus.

Pada hari Sabtu, 5 Maret 2016, para aktivis penerima Bakti Nusa 4 diberikan training dan coaching. Pertama, strategic leadership training  oleh Bapak Zaim Uchrowi. Pada sesi tersebut, beliau menyampaikan tentang urgensi penggalian potensi setiap individu serta menyeimbangkan sifat-sifat utama manusia untuk mencapai tujuan atau cita-cita yang akan mengantarkan diri menjadi sosok pemimpin negeri ini. Sedangkan sesi kedua adalah Coaching Career oleh Rivalino Shaffar. Beliau menjelaskan tentang The essential career compass, dimana sebagai seorang manusia hendaknya mengetahui pedoman arah karirnya.

IMG20160305153359IMG20160305161432 Pada malam harinya, seluruh penerima Bakti Nusa Angkatan 4 berdiskusi menentukan Ketua dan Wakil Ketua Alumni Bakti Nusa 4. Hasil musyawarah bersama memutuskan terpilihnya Muhammad Isyraqi El Hakim sebagai Ketua dan Siti Nur Arifah sebagai Wakil Ketua Alumni Bakti Nusa 4. Setelah diskusi tersebut, seluruh PM Bakti Nusa diarahkan ke Aula RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa untuk gladi bersih wisuda.

IMG20160305203835

Keesokan harinya, Minggu, 6 Maret 2016, dilaksanakan rangkaian acara wisuda PM Bakti Nusa 4. Acara diawali dengan tilawah kemudian sambutan oleh Bapak Bambang Suherman selaku perwakilan Direktur Utama Dompet Dhuafa.

“Wisuda aktivis bukan sebuah kebanggaan tapi sebuah momentum pengingatan akan tanggung jawab terhadap Indonesia. Pasca itu sudah bukan lagi ‘belajar merawat Indonesia’, tetapi ‘bersama merawat Indonesia’..”- Bambang Suherman.

Kemudian dilanjutkan dengan proses wisuda, dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing aktivis Bakti Nusa 4. Selanjutnya orasi oleh Ketua Alumni Bakti Nusa 4 dan orasi kebangsaan oleh Bu Sri Nurhidayah.  Momentum wisuda kali ini memacu para alumni Bakti Nusa untuk tetap berkontribusi dan teguh di jalan kemanusiaan sesuai dengan passionnya masing-masing sebagai komitmen bersama  merawat Indonesia. Komitmen tersebut secara implisit dituangkan dalam rumusan Tekad Negarawan Muda yang dibaca bersama sebelum berakhirnya acara. Harapannya para alumni Bakti Nusa 4 tetap melanjutkan perjalanannya sebagai seorang aktivis yang senantiasa berkontribusi untuk Negeri. #NeverEndingActivist

IMG20160306102816