(reported by Evi Baiturrohmah)

Suasana di Pesantren Mahasiswa Ar-Royyan yang berlokasi di kawasan Jebres Surakarta itu terlihat lengang. Minggu, 8 April 2012 perwakilan Dompet Dhuafa, Romi Ardiansah melawat dari Bogor ke Solo untuk memberikan pembekalan kepada penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) Universitas Sebelas Maret. Mas Romi, sapaan akrab Romi Ardiansah, mempresentasikan beberapa slide terkait dengan beasiswa BAKTI NUSA ini maupun tentang Dompet Dhuafa sebagai Pemberi manfaat.

Dalam pembekalan tersebut, Mas Romi menjelaskan beberapa alasan mengapa Dompet Dhuafa memberikan beasiswa tersebut untuk aktivis dari kalangan mahasiswa. Adapun secara ringkas dapat disimpulkan bahwa tujuan pemberian beaisiswa ini adalah sebuah bentuk partnership yang dilakukan Dompet Dhuafa dalam rangka mencapai tujuannya yakni memberdayakan masyarakat. Dalam rangka mencapai tujuan ini, Dompet Dhuafa akan mentransfer bentuk karakter dan nilai yang hendaknya dimiliki oleh aktivis dalam menjalankan perannya di masyarakat.

BAKTI NUSA adalah beasiswa yang diberikan kepada aktivis mahasiswa dengan fasilitas yang diberikan berupa dana tunjangan aktivitas per bulan, Fasilitas pengembangan diri, coaching, pendampingan, dan Peluang S2. Disampaikan pula oleh Mas Romi bahwa UNS bersama UNISRI merupakan kampus baru yang diberikan kesempatan untun ikut dalam seleksi nasional setelah tahun sebelumnya hanya UGM, ITB, UI dan IPB yang diberi jatah beasiswa ini.

Program pengembangan diri yang dimaksud akan meliputi beberapa hal yakni

  1. Character Building
  2. Citizen Journalism
  3. Training Value
  4. Magang (Nasional dan Internasional)
  5. Social Change
  6. Silaturahim Tokoh
  7. Proram Sosial
  8. Capacity Building

Terkait dengan Training Value yang akan dberikan oleh Dompet Dhuafa, Mas Romi memberi gambaran beberapa nilai yang menjadi pegangan dalam arah gerak Dompet Dhuafa selama ini. Ada 5 nilai yang seharusnya dimiliki oleh aktivis yang merupakan cikal pemimpin masa depan.Trustworthy, Model, Profesional, Inovatif dan Brotherhood. Delapan penerima manfaat BAKTI NUSA UNS pun memberikan gambaran mereka terkait dengan esensi nila yang disebutkan mas Romi dan mendiskusikannya bersama. Adapun kelima nilai ini akan disampaikan secara komprehensif dalam beberapa training yang akan diberikan langsung oleh perwakilan Dompet Dhuafa kepada para penerima manfaat. Menutup perjumpaan hari itu, Mas Romi memberikan semangat untuk para BAKTI NUSA UNS untuk selalu menjaga semangat untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Romi Ardiansah

Twitter: @romiardi

Facebook: Romi Ardiansah