logo jurnaliswSurakarta, 13 Juli 2013 – Hari sabtu pagi yang cerah. Secerah wajah para negarawan muda UNS mempunyai beribu ide dan mimpi untuk masa depan bangsanya Indonesia tercinta. Para Negarawan  Muda yang terdiri dari 10 Orang yang merupakan mahasiswa – mahasiswa terbaik dari FISIP, FKIP,FK,FK,FSSR berangkat menuju PUKAT UGM untuk meng-Up Grade Skillnya dalam Kepenulisan yang telah di sediakan oleh Dompet Dhuafa Republika. Para Negarawan muda ini berangkat bersama – sama dengan menggunakan mobil. Walaupun 2 dua negarawan muda yang tidak datang karena magang, hal itu tidak mengurangi semangat negarawan muda yang lain untuk tetap berguru ke PUKAT UGM.

Walaupun agak saat ketika tiba sampai di tempat tujuan karena harus mencari tempatnya dulu. Tetapi, Alhamdulillah Acara belum di mulai karena Para Negarawan Muda dari UGM dengan sabar menunggu Negarawan Muda UNS.  Kemudian, Acara di mulai langsung ketika semua sudah berkumpul oleh langsung Sang Guru, Mas Hafid Muftisany dari Republika. Dari sana kita dapat ilmu bagaimana menulis berita, mengirim berita,dll.

Kemudian, Setelah Sesi materi Para Negarawan Muda ini diminta turun lapangan, mencari data sebagai bahan dasar untuk penulisannya yang sesuai dengan tema – tema yang diajukan masing – masing negarawan muda. Ada yang ke Home Schoolling, kantor Polisi, Gelanggang mahasiswa, Rumah Sakit,dll. Mereka setelah selesai menulis, kemudian dievaluasi bersama – sama dengan dipimpin oleh Sang Guru.

Dari Evaluasi yang dilakukan, Akhirnya Para Negarawan Muda ini memahami kesalahannya dan bisa menjadi perbaikan untuk kedepannya. Training Jurnalistik ini merupakan Training yang pertama dan untuk Follow Up akan dilakukan di UNS pada bulan September & Oktober untuk kemudian menghasilkan sebuah Buku “ BELAJAR MERAWAT INDONESIA”.

“Hanya Karena Cinta Kami Pada Ibu Pertiwi Ini Yang Membuat Kami Rela Mengurangi Waktu Istirahat Kami. Semoga Buku “ Belajar Merawat Indonesia Dapat Menjadi Kisah Cinta Yang Kami Lukiskan Untuk Indonesia Yang Tercinta” ungkap Indra, Peserta dari UNS.