Ahad, 8 September 2013, 10 arjuna dan srikandi Studi Ilmiah Mahasiswa UNS meluncur membelah jalan raya Kota Solo menuju Sekretariat Rumah Hebat Indonesia (RHI) yang berada di gang sempit Dusun Rejosari, Ngemplak, Surakarta. Niatan untuk menengok teman seperjuangan di wilayah pendidikan karakter anak usia dini membumbung tinggi menajamkan azzam untuk saling bersinergi dalam kebaikan. Tidak lama, sekitar 10 menit kemudian kamipun sampai di rumah mungil bercat merah muda yang didalamnya terhiasi dengan berbagai pernak pernik khas anak. Dengan dinding penuh tempelan gambar hewan dan bunga yang lucu, perkakas untuk pentas para anak, serta segudang buku bacaan inspiratif menambah suasana positif didalam ruangan.

rhi
Menurut keterangan dari salah satu pengelola, Arya, dikatakan bahwa pada awalnya rumah sewaan ini adalah milik Authism Care Indonesia (ACI) yang kemudian berpindah untuk memperoleh suasana yang lebih kondusif untuk upaya pemulihan anak anak berkebutuhan khusus. Kak Anis dari Jurusan Psikologi UNS merupakan pendiri sekaligus kepala pengelola RHI ini. Sekitar 20 volunteer tergabung di komunitas ini, mereka mengelola lebih dari 50 anak disekitar base camp RHI.

Beberapa program unggulan dijalankan pada priode ini, seperti kelas nasionalisme, kelas perkusi, kelas bahasa inggris, kelas melukis dan sebagainya. Anak anak RHI juga sempat diundang di halal bi halal Fakultas Teknik pekan lalu untuk mengisi hiburan tari, teater dan perkusi. Luar biasa, anak anak ini mendapatkan kesempatan beraksi dan berkreasi secara positif. Pendidikan seperti ini, sayangnya belum menjadi prioritas oleh pendidikan formal di Indonesia.

Pembaca dapat lebih banyak berkomunikasi melalui website rumahhebatindonesia.com untuk mendaftar sebagai volunteer atau sekadar berbagi informasi dan pengalaman. Harapannya sebagai mahasiswa kita tidak hanya berkutat di idealisme organisasi kemahasiswaan ataupun cukup hanya terkungkung di perkuliahan yang seringkali stagnan. Sebaik baiknya belajar adalah menjadi guru, karena dengan itu kita akan selalu berusaha menambah ilmu dan mempraktikannya. Salam Hebat!! (Dwi Prasetyo)