PANITIA Temu Nasional (Temnas) Beasiswa Aktivis Nu­santara (Bakti Nusa) tahun 2013 dari Beastudi Indonesia Dom­pet Dhuafa bekerja sama dengan Badan Eksekutif Ma­hasiswa (BEM) Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan seminar nasional, baru-baru ini,  bertajuk ”Nega­ra­wan Muda Belajar Merawat Indonesia”.

Seminar yang bertempat di aula Fakultas Ekonomi UNS ini menghadirkan empat pembicara, Sri Nurhidayah SH (Deputi Direktur Direktorat Pendidikan Dompet Dhuafa), Mo­hamad Toha (Komisi V DPR RI), GRAy Koes Murtiyah (Ko­misi II DPR RI), M Romahurmuziy ST MT (Komisi V DPR RI).  Acara ini di­hadiri  250 mahasiswa dari wilayah Solo dan sekitarnya serta de­legasi dari tujuh kampus penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara, yakni UI, IPB, UGM, UNS, Unsri, ITB, dan Unpad.

Pada kesempatan ini Dra GRAy Koes Murtiyah MHum yang juga merupakan Sekjen Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara menekankan bahwa rasa nasionalisme dan internalisasi nilai luhur budaya yang memperteguh kecintaan terhadap Nusantara perlu dihidupkan pada generasi muda. Sementara M Romahurmuziy memberikan pencerahan tentang reformasi sosial dan perlunya memperteguh jati diri bangsa bagi para pemuda.

Narasumber lainnya, Mohamad Toha memaparkan tentang bagaimana tantangan dan konsekuensi yang harus di­ha­dapi oleh para pemuda ke depan dalam merawat Indo­nesia. Sementara Sri Nurhidayah dari Dompet Dhuafa memberikan semangat kepada para kaum muda untuk memiliki program kerja riil yang berguna bagi masyarakat dan bang­sa­nya. Selain itu, pemuda juga harus memiliki kepekaan sosial karena inilah sebagai  salah satu prasyarat untuk melekatkan ruh negara­wan dalam masing-masing pribadi pemuda.

Selain seminar nasional, dalam acara ini juga diberikan penghargaan Anugerah Budaya Dompet Dhuafa kepada bu­dayawan Solo, Slamet Gundono. Penghargaan ini diberikan atas konsistensi dan jasanya dalam melestarikan kesenian kreatif wayang suket ke seantero Nusantara dengan membawa misi pesan sosial dan kritik perbaikan untuk bangsa.

Seminar nasional ini juga merupakan bagian dari pembukaan rangkaian Temu Nasional Beasiswa Aktivis Nu­santara 2013 yang  akan digelar di Solo dan Tawangmangu selama lima hari, 26 hingga 30 April 2013. (24)

(Rilis dikirim Erny Ratnawati, penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara UNS)

Sumber : www.suaramerdeka.com