images

Beliau lahir di Surakarta Jawa Tengah tanggal 27 Juli 1960. Pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret dengan mengambil Program Studi Pendidikan Olahraga lulus pada tahun 1986, Program studi (S2) Pendidikan Olahraga program pascasarjana IKIP Jakarta lulus pada tahun 1993, studi di tempat yang sama pula (S3) lulus pada tahun 1998.

download (1)

Selama dua periode, beliau menjalankan amanah sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS yang hingga saat ini mampu bersaing sebagai LPTK (Lembaga Penghasil Tenaga Kependidikan) di Indonesia. Tak hanya mengajar, beliau juga menulis buku: “Guru Sejati: Membangun Insan Berkarkater Kuat dan Cerdas” dan “Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa” yang diterbitkan Penerbit Yuma Pustaka Surakarta. Dengan membaca kedua buku tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk menjadi guru yang berkarakter kuat dan cerdas. Ditanyakan tentang arti negarawan, beliau berpendapat, “Seorang negarawan erat kaitannya dengan amanah, dan saya punya rumusan tentang itu..”

Selain berkantor di FKIP UNS, beliau juga berkontribusi sebagai Ketua Umum Majelis Tanfidzi Yayasan Perguruan Al Islam, Wakil Sekretaris Yayasan Majelis Pengajian Surakarta dan Wakil Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP. PERPANI). Pada kesempatan kali ini, diharapkan Prof Furqon mampu memberikan sudut pandang seorang akademisi terhadap tema “Presiden Negarawan” yang diusung oleh panitia.