Arip Toni Hartono (D3 Teknik Informatika)

Presiden adalah kepala negara bagi negara yang berbentuk republik. (http://kamusbahasaindonesia.org/presiden) Menurut pendapat saya, presiden adalah pemimpin suatu negara republik yang menjadi teladan bagi orang lain (rakyat / anggota / kalangan bawah). Untuk itu, presiden harus menjadi contoh yang baik dalam bersikap, bertindak maupun bertutur kata. Namun, presiden juga manusia yang tidak pernah sempurna layaknya Tuhan (Allah SWT). Selain itu, presiden juga harus dapat dipercaya bagi yang memilihnya menjadi pemimpimnya.

Seandainya aku “Menjadi Presiden Negarawan”, aku ingin negara yang aku pimpin bisa menjadi negara yang berkembang dalam segala bidang dengan sistem roda pemerintahan satu kesatuan terpadu. Sistem tersebut merupakan suatu pemerintahan yang dibangun dengan pondasi penggerak negara dari kalangan atas (elite / orang yang mampu / orang yang duduk di parlemen / orang yang punya jabatan) dan kalangan bawah (rakyat / orang yang tidak mampu / orang yang tidak berada di parlemen / orang yang tidak punya jabatan) dalam kesatuan untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, aku akan mengabdikan diri untuk negara walau hanya mendapat ucapan terimakasih. Apalagi, ucapan itu terucap dari para penggerak negara karena ucapan tersebut sangat tidak terhingga nilainya bagiku. Ucapan tersebut mengandung banyak unsur maupun rasa, yaitu dipercaya, disenangi, bahagia, hebat, ramah tamah dan lainnya. “Presiden negarawan haruslah dari hati yang menawan. Dan perangi lawan yang menghambat negeri tanpa kekerasan maupun belati.” ^_^