SEPTI AMTININGSIH (PENDIDIKAN BIOLOGI 2012 UNS)

Bencana alam, korupsi, kebakaran hutan, kriminalitas, hutang luar negeri, kenakalan remaja, tawuran, adalah sederetan masalah klasik di Indonesia. Kekayaan negeri yang kini sebagian besar telah dikuasai oleh pihak asing. Fungsi alih hutan menjadi perkebunan, fungsi alih sawah menjadi perindustrian dan perumahan. Masih adakah titik kecil yang dapat diubah? Bagaimana cara mengembalikan kekuataan macan Asia yang menjadi icon Indonesia dahulu? Lalu kita sebagai bangsa Indonesia haruskah hanya berdiam diri?

Bencana datang,  bersosial. Sebagai solidaritas sesama bangsa Indonesia, kita harus membantu sesama. Sikap tanggap dan respek terhadap lingkungan diperlukan dalam pembangunan bangsa.

Penggalakan penghijauan. Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki hutan terbesar nomor dua di dunia, namun Indonesia juga tercatat sebagai negara dengan perusakan hutan tercepat. Penghijauan dan perawatan tanaman segera dilakukan baik di hutan, maupun di lingkungan sekitar kita. Selain untuk mengurangi dampak pemanasan global juga memperbaiki kondisi hutan di Indonesia.

Pendidikan yang berkarakter. Saat ini, karakter saat ini dan moral pemuda masih rendah. Banyak tawuran, kenakalan remaja sebagai akibat kualitas pendidikan yang masih rendah. Pendidikan yang baik adalah yang mampu membentuk peserta didik yang berkualitas, berkaraker dan bermoral. Hal ini perlu didukung oleh pemerintah, pendidik, orang tua, dan peserta didik.

Sistem pemerintahan yang bersih. Kejujuran dan transparasi berpolitik menjadi bagian yang diinginkan rakyat Indonesia. Korupsi terjadi dari tingkat akar hingga ujung pemerintahan. Lalu siapa yang harus dipersalahkan? Masing-masing pejabat harusnya menyadari bahwa mereka bekerja untuk rakyat, demi kesejahteraan rakyat bukan demi kepentingan pribadi. Menjadi pelopor kejujuran di negeri ini, siapa yang mau?

Menayangkan program tayangan yang mendidik. Program televisi seharusnya memberikan tayangan yang edukatif sehingga akan menanamkan nilai-nilai yang positif bagi siapa saja yang menontonnya.

Menjunjung tinggi nilai budaya. Budaya merupakan kekayaan negeri yang membedakan Indonesia berbeda dengan negara lainnya. Kita dapat melestarikan budaya melalui memakaiannya, mempelajarinya dan melestarikannya.

Menerapkan segala ilmu yang kita miliki untuk kemajuan negara Indonesia. Masing-masing orang memiliki kemampuan baik secara pikiran mauapun tenaga. Kita tidak perlu hitung-hitung untuk mengabdikan diri kepada negeri. Yang perlu direnungkan adalah seberapa banyak yang dapat kau berikan untuk negeri Indonesia, dan seberapa banyak negeri Indonesia memberikan pengabdian kepadamu? Apa yang dapat kita lakukan, lakukanlah, selagi kita masih mampu melakukannya!

Tidak mencemari lingkungan. Lingkungan akan baik kepada kita, apabila kita juga memperlakukan baik kepada lingkungan. Tidak menggunakan alat-alat yang dapat merusak keseimbangan lingkungan dan selalu menjaga kelestariannya.

Masih ada harapan untuk melakukan perbaikan bagi negara Indonesia ke arah yang lebih baik, kita tidak perlu mengeluhkan keadaan. Indonesia membutuhkan tangan-tangan yang bijak yang mau menerapkannya dalam kehidupan nyata, tidak hanya berdiam diri menerima keadaan. Mari kita lakukan pengabdian pada negeri Indonesia  dimulai dari diri kita sendiri dan mulai saat ini! Ayo bangkitlah negera Indonesiaku, jayalah selalu!