Heni Rahmahwati (UNS)

Ketika mendengar kata presiden, banyak dari kita yang berpendapat bahwa  orang yang menduduki jabatan tersebut merupakan pemimpin yang paling berkuasa dan sangat disegani. Orang nomor satu di negaranya ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk memajukan negaranya. Saat ini, Indonesia telah beberapa kali berganti presiden. Mulai dari presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno, Soeharto, B.J. Habibi, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri, hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Semuanya memiliki gaya kepemimpinan sendiri-sendiri.

Beberapa presiden yang pernah menjabat telah membuat perubahan dan perbaikan masing-masing. Melalui kabinetnya, mereka berlomba-lomba untuk memajukan negeri kita tercinta ini, yakni Indonesia. Namun hingga saat ini, penulis belum merasa kesemuanya telah berhasil menjadi pemimpin yang baik. Lalu, bagaimana pemimpin yang seharusnya?

Berikut ini akan penulis paparkan sosok presiden 2014 yang diinginkan oleh penulis, serta beberapa pihak:

Rela berkorban demi negaranya.

Seorang presiden, tentunya harus rela berkorban untuk tanah airnya. Walaupun ia harus mengorbankan semua yang dimilikinya, termasuk harta dan nyawa sekalipun.

Mampu menjadi tauladan yang baik

Setiap pemimpin tentunya harus mampu untuk menjadi uswatun hasanah bagi yang dipimpimnya, baik sikap, perilaku, sifat dan tingkah lakunya ke sesama manusia, maupun kepada Tuhannya.

Amanah dan dapat dipercaya

Amanah yang ditanggung oleh seorang presiden sangatlah berat, ia betanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyatnya dan akan dimintai pertanggungjawabannya itu kelak di akhirat. Selain itu, pemimpin juga harus mampu untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.

Berpandangan visioner

Seorang pemimpin tentu harus memiliki visi yang akan dicapainya. Dengan begitu, ia akan selalu termotivasi, selalu bekerja keras, dan pantang menyerah untuk memajukan negaranya.

Mampu memberikan pengaruh kepada yang dipimpinya

Presiden yang tidak mampu untuk memberikan pengaruh, tentu tidak akan disegani oleh masyarakat. Yang dimaksud berpengaruh dalam hal ini yakni  seorang presiden harus mampu mengajak masyarakat yang dipimpinnya untuk berbuat dan melakukan sesuatu sesuai yang diinginkannya. Tentu saja dalam hal kebaikan demi ketertiban dan kesahteraan masyarakat.

Mampu merasakan keadaan rakyatnya

Kebanyakan presiden, hidup dalam kemewahan dan serba kecukupan. Pemimpin yang baik harus bisa merasakan keadaan rakyat yang dipimpinnya agar ia dapat mengerti mengenai apa yang diinginkan oleh rakyatnya.

 

Itulah beberapa sosok presidenku kelak yang tentunya diharapkan juga oleh sebagian besar masyarakat kita. Selain itu, masih banyak lagi karakter-karakter lain yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar dapat membawa Indonesia menuju kesejahteraan yang lebih baik. Jangan hanya karena kepentingan pribadi dan partai politiknya, lalu rakyat yang harus menanggung sengsaranya. Pemimpin harus mampu melindungi, mengayomi, membimbing, dan megarahkan yang dipimpinnya menuju kehidupan yang  lebih baik.