Karina Nur Asri

Sangat unik saya membaca tema tersebut, ‘’Menjadi Presiden Negarawan’’. Itu artinya ada dua makna yang berbeda antara presiden dan negarawan. Jika kita telaah masing-masing hal tersebut, maka terdapat perbedaan dari segi perannya, peran seorang Presiden dan peran seorang Negarawan. Dimana seorang Presiden belum tentu adalah seorang Negarawan, begitu pula seorang negarawan belum tentu seorang Presiden.

Presiden, seperti kita ketahui ia adalah kepala pemerintahan yang mengomandoi roda pemerintahan berjalan sesuai arahan kerjanya.Disi lain ia juga berperan sebagai kepala Negara yang mewakili Negara tersebut dalam berbagai acara kenegaraan. Seorang presiden dipilih dalam sebuah agenda demokrasi besar yang bernama PEMILU (Pemilihan Umum) atau juga bisa disebut PILPRES (Pemilihan Presiden) yang diselenggarakan oleh sebuah komisi bernama KPU (Komisi Pemilihan Umum) setiap beberapa tahun sekali, yang dipilih oleh segenap rakyat yang menjadi warga Negara itu.

Berbeda halnya dengan seorang negarawan, menurut saya, siapa saja bisa menjadi seorang negarawan. Ia tak harus mencalonkan diri supaya terpilih atau juga dipilih supaya menang. Negarawan adalah sebuah peran yang siapa saja bisa mengambilnya. Asalkan ia ada kemauan dan memiliki kompetensi akan hal itu yang menunjang baginya berperan sebagai seorang negarawan. Negarawan adalah seorang yang peduli terhadap urusan bangsanya, gelisah terhadap permasalahan yang melanda negerinya sehingga ia mau berfikir mencari solusi terbaik dan bertindak dengan cerdas, cepat dan tepat. Sehingga membantu mewujudkan kesejahteraan bagi segenap warga masyarakatnya.

Dari penjelasan diatas, maka kita dapat memahami bahwa seorang Presiden dan seorang Negarawan adalah dua sisi yang berbeda, namun bukan berarti keduanya terpisah dan tidak dapat dimiliki dalam diri satu orang. Akan tetapi itu sebuah pilihan, apakah kita mau memilih menjadi ‘Presiden’ yang hanya nama dan jabatannya saja atau Presiden yang memiliki sifat dan peran seorang Negarawan yang mau mewujudkan negerinya sejahtera?