IMG-20151220-WA0016

Pada hari Sabtu, 19 Desember 2015, Tim Bakti Nusa 5 UNS yang terdiri dari Fadhilla Ayuningtyas, Inayah Adi  Oktaviana dan Christina Indrawati mengikuti final Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)  se-Jateng dan DIY.  Lomba yang bertema “Aku Cinta Budaya Indonesia” ini diselenggarakan oleh UKM Limlarts, FBS Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).  Tim BA 5 UNS mengangkat karya tulis yang tidak hanya sekedar gagasan semata, akan tetapi hasil implementasi gagasan pada Gerakan Sosial Bakti Nusa UNS yaitu  Aksi Cinta Budaya Indonesia (ACBI).

Karya ini didasari kegelisahan terhadap pasar tradisional yang merupakan ‘pahlawan’ bagi perekonomian Indonesia, namun kini mengalami kondisi mengkhawatirkan. Berdasarkan data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebutkan dalam waktu 4 tahun (periode 2007-2011) jumlah pasar tradisional di seluruh Indonesia turun drastis dari 13.540 pasar tradisional menjadi 9.950 pasar. Selain itu merebaknya pasar-pasar modern yang mulai menggeser eksistensi pasar tradisional.  Padahal pasar tradisional merupakan salah satu sarana untuk memperkuat sektor sosial melalui komunikasi positif dan interaksi sosial dalam kegiatan tukar menukar serta jual beli.  Maka dari itu upaya menjaga eksistensi nilai-nilai budaya pasar tradisional dianggap penting.

 

Karya tulis yang berjudul “Aksi Cinta Budaya Indonesia (ACBI) sebagai Upaya Menjaga Eksistensi Nilai-Nilai Budaya Pasar Tradisional di Surakarta”, memaparkan strategi ACBI dalam menjalankan program didasari 3 aspek yaitu nilai budaya, perilaku dan budaya fisik. Ketiga aspek tersebut diramu sebagai Rencana Strategis (Renstra) gerakan sosial ACBI, kemudian dijelaskan implementasi yang sudah dilaksanakan maupun direncanakan, dan didukung implikasinya yang telah dirasakan. Snack ACBI yang dijadikan tools utama gerakan sosial untuk menjalankan peran multiplayer effect turut memperkuat gagasan tersebut.

Sehingga setelah mempresentasikan karya selama 10 menit, kami mendapatkan pertanyaan, feedback dan saran serta apresiasi  cukup baik dari kedua dewan juri. Akhirnya tim BA 5 UNS atas nama gerakan sosial ACBI Bakti Nusa UNS sukses menyabet juara 2 dalam kompetisi tersebut, hanya dengan selisih 1 poin dari  juara 1 yang merupakan tim dari UNY sebagai tuan rumah perlombaan. 

IMG-20151220-WA0017